Jurnal Pendidikan Refleksi
Vol. 10 No. 4 (2022): Junal Pendidikan Refleksi

Peranan Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar Daring Selama Pandemi Covid-19 pada Kelas V SD Inpres Bakung II Kota Makassar

Musbaing Musbaing (Universitas Islam Makassar)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Orang Tua dalam mendampingi anak belajar Daring selama pandemi covid-19 kelas V di SD Inpres Bakung II Kota Makassar, serta untuk mengetahui kesulitan orang tua dalam pembelajaran daring di SD Inpres Bakung II Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu orang tua siswa dan guru wali kelas V. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Penulis berperan sebagai pewawancara langsung untuk menggali data melalui orang tua dan guru wali kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peranan Orang Tua dalam mendampingi anak belajar Daring selama pandemi covid-19 kelas V di SD Inpres Bakung II Kota Makassar yaitu orang tua melaksanakan dua peran sekaligus pertama menjadi orang tua dan kedua menjadi guru di rumah, menyediakan sarana dan prasarana kepada anak, memberikan semangat, motivasi, mengarahkan anak sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh masing-masing anak. Kesulitan orang tua dalam pembelajaran daring di SD Inpres Bakung II Kota Makassar yaitu latar belakang pendidikan orang tua mempengaruhi tingkat kemudahan dan kesulitan orang tua dalam mendidik anak, tingkat ekonomi orang tua mempengaruhi proses pembelajaran secara daring terutama dalam hal memfasilitasi pembelajaran daring anak, kesulitan membagi waktu antara anak dan pekerjaan, jumlah anggota keluarga juga mempengaruhi orang tua dalam memberikan bimbingan kepada anak dalam belajar di rumah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

refleksi

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN REFLEKSI (ISSN 2301-4059 | e-ISSN 2798-544X) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel di bidang Pendidikan dan Sosial Humaniora. Diterbitkan setiap tiga bulan (quarterly), jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi kajian akademik yang inovatif dan berbasis penelitian. Dikelola ...