Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran Quantum Learning dalam meningkatkan kreativitas dan karakter siswa pada mata pembelajaran tematik kelas V MI Al-Hijrah Makassar. (2) Untuk mengetahui bagaimana kreativitas dan karakter siswa melalui penggunaan strategi pembelajaran Quantum Learning pada mata pembelajaran tematik siswa kelas V MI Al-Hijrah Makassar. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif, yang di laksanakan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI AL-Hijrah Makassar yang jumlah siswanya 6 orang siswa, terdiri dari 4 orang siswa perempuan dan 2 orang laki-laki. Teknik pengumpulsn dalam penelitian ini adalah lembar observasi, angket, lembar kreativitas dan karakter siswa dan dokumentasi. Berdasarkan hasil siklus I dengan presentase 100% siswa, hanya 33,32% (presentase) siswa yang mendapat nilai dengan kategori “tinggi” 49,98% (presentase) siswa dengan kategori “sedang” dan yang memiliki nilai kategori “rendah” 16% (presentase) siswa dan pada siklus II menunjukan bahwa dari presentase 100% siswa yang mendapat nilai dengan kategori “sangat tinggi” 66,66% (presentase) siswa, 16,67% (presentase) mendapat nilai dengan kategori “tinggi” dan 16,67% siswa mendapat nilai kategori “sedang”. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan kreativitas dan karakter siswa dalam pembelajaran tematik dan memberikan dampak positif terhadap aktivitas belajar siswa dalam upaya peningkatan kreativitas dan karakter.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023