Artikel ini mengulas pengembangan materi cetak dalam bentuk Modul Pembelajaran yang berkaitan dengan topik Subtema Tugasku sebagai Umat Beragama berbasis nilai-nilai Keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi analisis kebutuhan dalam Pengembangan Modul Pembelajaran Subtema Tugasku sebagai Umat Beragama berbasis nilai-nilai Keislaman; Merancang Modul Pembelajaran Subtema Tugasku sebagai Umat Beragama berbasis nilai-nilai Keislaman; Mengukur validitas dan praktikalitas penggunaan Modul Pembelajaran Subtema Tugasku sebagai Umat Beragama berbasis nilai-nilai Keislaman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang mengadopsi model 4D. Penelitian ini dilakukan di MI Al-Ikhlas Balebo Luwu Utara dengan subjek penelitian berjumlah 23 siswa dari kelas II. Metode pengumpulan data melibatkan penggunaan instrument berupa lembar wawancara dan kuesioner yang disusun untuk siswa, yang kemudian dianalisis dengan metode analisis data deskriptif serta memanfaatkan rumus Liker’s. Data hasil penelitian menunjukkan tingkat validitas dari berbagai ahli, yaitu ahli bahasa sebesar 87,5% bermakna sangat valid, ahli materi sebesar 88,8% bermakna sangat valid, dan ahli materi keagamaan sebesar 90% bermakna sangat valid. Sementara itu, data hasil tingkat uji praktikalitas mendapatkan hasil sebesar 82,5% bermakna sangat praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan Modul Pembelajaran Subtema Tugasku sebagai Umat Beragama berbasis nilai-nilai keislaman di kelas II MI Al-Ikhlas Balebo telah terbukti valid dan layak untuk digunakan.
Copyrights © 2023