Penelitian ini membahas tentang efektivitas media pembelajaran Augmeted Reality (AR) pemodelan bangun ruang terhadap pemahaman konsep geometri siswa kelas V di UPT SDN 069 Limbong. Penelitian ini unuk mengetahui pemahaman konsep geometri siswa sebelum dan sesuda menggunakan media pembelajaran Augmented Reality (AR) dan mengetahui efektivitas media pembelajaran Augmented Reality(AR).Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksprimental dengan jenis One Group pretest dan posttest design.Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa/siswi UPT SDN 069 Limbong, sampel yang diambil siswa kelas V UPT SDN 069 Limbong, instrument yang digunakan yaitu tes hasil belajar. Adapun perankat pembelajaran yang digunakan yaitu RPP,sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu taknik analisis deskriptif dan analisis infersial. Hasil penelitian menujukkan bahwa pemahaman awal siswa sebelum menggunakan media pembelajaran Augmented Reality dalam ketegori sangat rendah 27,4% rendah 36,3% sedang 36,3%. Nilai rata-rata 60 kelas V UPT SDN 069 Limbong sebelum di terapkan media pembelajaran Augmented Reality (AR).Selanjutnya hasil setelah diteapkan media pembelajaran Augmened Reality (AR) menunjukkan yaitu rendah 9,1%18,3% sedang 36,3% tinggi. Nilai rata –rata 80.Melhat dari hasil presentase yang dapat dikatakan bahwa pemahaman konsep geometri setelah menggunakan media pembelajaran Augmented Reality (AR) tergolong tinggi.Bedasarkan hal tesebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Augmented Reality (AR) pemodelan bangun ruang tehadap pemahaman konsep geometri siswa kelas V UPT SDN 069 Limbong Kabupaten Luwu Utara dalam kreteria efektif.
Copyrights © 2023