Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis profil kompetensi kepribadian yang dianggap penting bagi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di lingkungan madrasah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber literatur terkait pendidikan Islam, kepribadian guru, dan konteks madrasah. Tujuan utama adalah mengidentifikasi aspek kepribadian yang dapat secara positif memengaruhi dampak pendidikan Islam di madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa dimensi kepribadian yang sangat relevan dan krusial dalam konteks pengajaran PAI di madrasah. Kecakapan interpersonal, empati, kesabaran, integritas, dan komitmen terhadap pengembangan moral dan spiritual siswa menjadi fokus utama dalam profil kompetensi kepribadian guru PAI. Dalam memaksimalkan dampak pendidikan, artikel ini juga membahas upaya-upaya yang dapat diambil untuk meningkatkan kompetensi kepribadian guru PAI, termasuk pelatihan, pengembangan profesional, dan pendekatan pembelajaran inovatif. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman lebih lanjut tentang peran kepribadian guru PAI dalam mencapai tujuan pendidikan Islam di madrasah. Implikasi praktis dari temuan ini dapat menjadi dasar untuk perancangan program pelatihan dan pengembangan guru PAI yang lebih efektif, sehingga mereka dapat memberikan dampak positif yang maksimal terhadap pembentukan karakter dan spiritualitas siswa di lingkungan madrasah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023