Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media diorama pada materi pembelajaran tata cara pelaksanaan ibadah haji di kelas VII MTs As’adiyah Belawa Baru, untuk mengetahui validitas dan respon guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran diorama. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model penelitian ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yaitu, tahap analysis, design, development, implementation dan evaluation. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah As'adiyah Belawa Baru dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII. Setelah produk dibuat, peneliti menyebar angket validasi kepada tim validator untuk mengetahui kevalidan produk yang dikembangkan. Validator dalam penelitian ini terdiri dari validator ahli media, validator ahli materi dan validator ahli bahasa. Hasil dari validasi ahli media diperoleh dengan kualifikasi valid, validasi ahli materi diperoleh dengan kualifikasi sangat valid dan validasi ahli bahasa diperoleh dengan kualifikasi sangat valid. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan 2 angket respon guru dan 31 angket respon peserta didik, berdasarkan angket respon guru diperoleh kualifikasi sangat praktis dan respon peserta didik diperoleh dengan kualifikasi sangat praktis. Berdasarkan hasil presentase tersebut dapat disimpulkan bahwa media diorama pada materi tata cara pelaksanaan ibadah haji di kelas VII Madrasah Tsanawiyah As'adiyah Belawa Baru sangat valid dan praktis untuk digunakan.
Copyrights © 2024