Penelitian ini membahsa tentang pengembangan media video pembelajaran berbasis mitigasi bencana untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini diawali dengan melakukan analisis kebutuhan, kemudian dilanjutkan dengan merancang media yang dikembangkan, lalu proses selanjutnya adalah menguji media tersebut tingkat validitas dan kepraktisannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan. Dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis mitigasi bencana peneliti menggunakan model ADDIE. Langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian dan pengembangan ini, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi kelayakan dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media video pembelajaran pokok mitigasi bencana. Hal ini dilihat dari hasil validasi bahasa sebesar 81,2% dinyatakan valid, oleh ahli materi sebesar 91,6 % dinyatakan sangat valid, sedangkan ahli media untuk aspek media didapat hasil 75% Sedangkan untuk hasil penelitian pada uji coba produk untuk mengetahui tingkat praktikalitas memperoleh rata-rata sebesar 87,5% (sangat praktis) dan hasil uji efektifitas sebesar 85% (Sangat Efektif). Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis mitigasi bencana di kelas V SDN 15 Salolo Kota palopo dapat dikatakan valid dan layak untuk digunakan.
Copyrights © 2024