Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) guru dalam pembelajaran di SDN 071 Paraanta, serta menentukan faktor-faktor penghambat dan pendukung kompetensi TIK guru dalam pembelajaran di SDN 071 Paraanta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, yang menggambarkan kompetensi TIK guru dalam pembelajaran serta faktor-faktor penghambat dan pendukung kompetensi TIK guru. Subjek dari penelitian ini adalah guru di SDN 071 Paraanta, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kompetensi TIK guru di SDN 071 Paraanta belum bisa dikatakan baik karena adanya keterbatasan fasilitas dan infrastruktur, ketersediaan jaringan yang sulit, aliran listrik di desa, dan masih adanya guru yang belum bisa mengoperasikan peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Faktor-faktor yang menghambat kompetensi TIK guru dalam pembelajaran meliputi tingkat ketersediaan akses internet di sekolah dan kesulitan pasokan listrik. Selain itu, faktor pendukung kompetensi TIK guru dalam pembelajaran meliputi pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dapat diakses bahkan tanpa menggunakan jaringan.
Copyrights © 2024