Penelitian ini mengkaji tentang efektivitas Moodle dalam mendukung pembelajaran pada kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metodologi Systematic Literature Review (SLR) untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mengevaluasi data dari berbagai jurnal yang relevan untuk mengetahui dampak Moodle terhadap proses pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Moodle sebagai LMS dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa mengintegrasikan Moodle dengan metode pembelajaran tatap muka diperlukan untuk menciptakan interaksi sosial yang efektif. Hasil ini memberikan wawasan berharga bagi praktisi pendidikan dan pengambil kebijakan dalam mengoptimalkan pemanfaatan teknologi pendidikan. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pemahaman kita tentang bagaimana LMS, dan Moodle khususnya, dapat digunakan untuk mendukung kebutuhan pendidikan pada Kurikulum Merdeka.
Copyrights © 2024