Pendidikan yang berfokus pada perubahan iklim di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan inisiatif strategis untuk membekali siswa dalam menghadapi masalah lingkungan global yang semakin kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi pendidikan perubahan iklim ke dalam kurikulum SMK dan dampaknya terhadap kesiapan siswa untuk terlibat dalam pelestarian lingkungan. Data dikumpulkan dengan menggunakan metodologi kualitatif deskriptif, yang meliputi wawancara dengan pendidik dan siswa, serta pemeriksaan dokumen kurikulum. Temuan menunjukkan bahwa memasukkan konten perubahan iklim ke dalam kurikulum independen meningkatkan pengetahuan siswa tentang masalah lingkungan dan memberi mereka keterampilan ramah lingkungan yang relevan untuk tenaga kerja yang berkelanjutan. Selain itu, pendidikan perubahan iklim di SMK mendorong partisipasi siswa dalam inisiatif nyata, seperti program penghijauan dan pengurangan sampah, yang mendorong pengembangan individu yang sadar lingkungan. Penelitian ini mengadvokasi lebih banyak kolaborasi antara lembaga pendidikan, badan pemerintah, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan belajar yang berkelanjutan yang memfasilitasi pendidikan perubahan iklim.
Copyrights © 2024