Journal of Professional Education
Vol. 13 No. 2 (2024): Oktober

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS PERUBAHAN IKLIM PADA SMK UNTUK MEMPERSIAPKAN SISWA MENGHADAPI TANTANGAN LINGKUNGAN

Dhani Trie Prasetyo (Unknown)
Ahmad Jupri (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2024

Abstract

Pendidikan yang berfokus pada perubahan iklim di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan inisiatif strategis untuk membekali siswa dalam menghadapi masalah lingkungan global yang semakin kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi pendidikan perubahan iklim ke dalam kurikulum SMK dan dampaknya terhadap kesiapan siswa untuk terlibat dalam pelestarian lingkungan. Data dikumpulkan dengan menggunakan metodologi kualitatif deskriptif, yang meliputi wawancara dengan pendidik dan siswa, serta pemeriksaan dokumen kurikulum. Temuan menunjukkan bahwa memasukkan konten perubahan iklim ke dalam kurikulum independen meningkatkan pengetahuan siswa tentang masalah lingkungan dan memberi mereka keterampilan ramah lingkungan yang relevan untuk tenaga kerja yang berkelanjutan. Selain itu, pendidikan perubahan iklim di SMK mendorong partisipasi siswa dalam inisiatif nyata, seperti program penghijauan dan pengurangan sampah, yang mendorong pengembangan individu yang sadar lingkungan. Penelitian ini mengadvokasi lebih banyak kolaborasi antara lembaga pendidikan, badan pemerintah, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan belajar yang berkelanjutan yang memfasilitasi pendidikan perubahan iklim.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikanprofesional

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Profesional adalah publikasi ilmiah yang berfokus pada artikel-artikel di bidang ilmu pendidikan. dan dirancang sebagai media untuk mempublikasikan hasil penelitian, kajian teori, serta pengembangan inovasi dalam pendidikan. Jurnal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi penting ...