Indonesian Journal of Primary Education
Vol 3, No 2 (2019): Indonesian Journal of Primary Education: December 2019

Pendidikan Karakter dalam Ekstrakurikuler Kepramukaan di Sekolah Dasar

Arbi Anugrah Putra Rusadi (Universitas Muhammadiyah Malang)
Baiduri Baiduri (Universitas Muhammadiyah Malang)
Belinda Dewi Regina (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2019

Abstract

Pendidikan karakter telah diterapkan dalam ekstrakurikuler kepramukaan di SDN Mojolangu 2 Malang. Pembina pramuka memiliki pemahaman yang baik mengenai kepramukaan dan pendidikan karakter, namun pada implementasinya mengalami kesulitan karena adanya keterbatasan jumlah pembina pramuka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pendidikan karakter dan karakter yang terlihat dalam ekstrakurikuler kepramukaan golongan penggalang pada peserta didik SDN Mojolangu 2 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan subjek penelitian pembina pramuka, penanggung jawab ekstrakurikuler, kepala sekolah, guru kelas, dan peserta didik golongan penggalang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan Pelaksanaan dilakukan setiap hari Jumat dengan kegiatan dan strategi bermacam-macam. Hambatan yang muncul adalah biaya, cuaca, sarana dan prasarana dengan manfaat memperoleh ilmu pengetahuan dan pendidikan karakter. Karakter yang terlihat adalah kelima nilai utama pendidikan karakter yang terdiri dari religius, nasionalisme, gotong royong, integritas, dan kemandirian.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJPE

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

The Indonesian Journal of Primary Education is a scientific periodical published twice a year (June-December) that publishes the results of original research on primary education and primary school teacher education. This journal aims to develop concepts, theories, perspectives, paradigms, and ...