Indonesian Journal of Primary Education
Vol 7, No 2 (2023): Indonesian Journal of Primary Education : December 2023

POPANKA as an Innovative English Learning Media in Grade IV Elementary School

Levina Mai Nanda (Universitas Pendidikan Indonesia)
Erwin Rahayu Saputra (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dian Indihadi (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Implementasi media pembelajaran inovatif POPANKA (Power Point, Papan Kata dan Kartu Gambar) pada pembelajaran bahasa Inggris di kelas IV SDIT Cahaya Permata. Dalam hal ini, dilatar belakangi oleh adanya permasalahan pada kegiatan pembelajaran bahasa Inggris, khususnya terhadap media pembelajaran yang kurang diperhatikan untuk mendukung pemahaman konsep materi bahasa Inggris. Pada proses pembelajaran peneliti mengintegrasikan tiga media tersebut dengan permainan “Marina Menari” yang menjadikan kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan dan dapat bermakna bagi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Sedangkan, pengumpulan data melalui beberapa tahap meliputi, wawancara, studi pustaka dan pengutipan referensi yang diperoleh melalui Google Scholar. Dengan teknis analisis data kualitatif berdasarkan hasil wawancara, pengamatan dan studi lapangan kepada responden yang berjumlah 28 dari 31 peserta didik yang hadir di kelas IV Cahaya Permata. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa, pengimplementasian media pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran bahasa Inggris.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJPE

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

The Indonesian Journal of Primary Education is a scientific periodical published twice a year (June-December) that publishes the results of original research on primary education and primary school teacher education. This journal aims to develop concepts, theories, perspectives, paradigms, and ...