Indonesian Journal of Primary Education
Vol 2, No 1 (2018): Indonesian Journal of Primary Education: June 2018

Peningkatan Pemahaman Konsep dan Keaktifan Siswa dengan Menggunakan Metode Concept Mapping (Peta Konsep) Kelas IV SDN Kranji II Bekasi Barat

Rima Rikmasari (FKIP UNIVERSITAS ISLAM 45 BEKASI)
Shifa Hillya Fernanda (FKIP UNIVERSITAS ISLAM 45 BEKASI)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan keaktifan siswa pada mata pelajaran PKN melalui Metode Concept Mapping (Peta Konsep) pada siswa kelas IV SDN Kranji II Bekasi Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian pemahaman konsep pada siklus I ketuntasan klasikal 59,09% dengan nilai rata-rata 74,55. Hasil penelitian keaktifan siswa pada siklus I ketuntasan klasikal 72,73% dengan nilai rata-rata 75,45. Dan pada siklus II hasil penelitian pemahaman konsep ketuntasan  klasikal 86,63% dengan nilai rata-rata 80,63. Hasil penelitian keaktifan siswa pada siklus II ketuntasan klasikal 86,36% dengan nilai rata-rata 83,33. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Metode Concept Mapping (Peta Konsep) dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keaktifan siswa pada mata pelajaran PKN kelas IV SDN Kranji II Bekasi Barat. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

IJPE

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

The Indonesian Journal of Primary Education is a scientific periodical published twice a year (June-December) that publishes the results of original research on primary education and primary school teacher education. This journal aims to develop concepts, theories, perspectives, paradigms, and ...