Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan keaktifan siswa pada mata pelajaran PKN melalui Metode Concept Mapping (Peta Konsep) pada siswa kelas IV SDN Kranji II Bekasi Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian pemahaman konsep pada siklus I ketuntasan klasikal 59,09% dengan nilai rata-rata 74,55. Hasil penelitian keaktifan siswa pada siklus I ketuntasan klasikal 72,73% dengan nilai rata-rata 75,45. Dan pada siklus II hasil penelitian pemahaman konsep ketuntasan klasikal 86,63% dengan nilai rata-rata 80,63. Hasil penelitian keaktifan siswa pada siklus II ketuntasan klasikal 86,36% dengan nilai rata-rata 83,33. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Metode Concept Mapping (Peta Konsep) dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keaktifan siswa pada mata pelajaran PKN kelas IV SDN Kranji II Bekasi Barat.
Copyrights © 2018