Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja tipe - tipe umpan balik dosen di kelas menulis paragraf. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian descriptive melalui pendekatan qualitative. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan document untuk penelitian. Ada 79 dokumen tertulis siswa di kelas menulis paragraf, tetapi peneliti hanya memilih 34 dokumen tugas siswa sebagai sumber data dalam penelitian ini, karena peneliti mempertimbangkan beberapa aspek, ketika memilih paragraf harus memenuhi kriteria paragraf seperti kalimat topik, informasi pendukung dan kesimpulan. Lalu, beberapa tulisan anak dan tugas belum diberikan feedback oleh dosen dieliminasi oleh peneliti karna tidak memenuhi kriteria. Data didapatkan dengan melakukan observasi ceklis (observation checklist) yang telah diisi oleh peneliti sendiri untuk mengecek hasil dari koreksi tulisan dosen kepada siswa yang berkaitan dengan tipe - tipe umpan balik koreksi tertulis di kelas paragraph writing. Peneliti menemukan beberapa tipe umpan balik yang digunakan oleh dosen, yaitu umpan balik korektif tidak langsung sebanyak 0,50%, umpan balik korektif terfokus sebanyak 0,41% dan umpan balik korektif langsung sebanyak 0,07%. Dari ketiga jenis umpan balik korektif tertulis tersebut, umpan balik korektif tidak langsung paling banyak diterapkan oleh dosen.
Copyrights © 2023