Argumentative Paragraph merupakan salah satu tugas menulis di perguruan tinggi. Dalam menulis paragraf argumentatif, penulisan harus mendefinisikan gagasan dan pandangan penulis terhadap suatu masalah disertai dengan alasan dan bukti yang logis. Serta bagaimana penulis menguraikan ide untuk membangun makna melalui pilihan tata bahasa juga menjadi hal yang penting dalam menulis argument. Penelitian ini mengkaji tentang kualitas paragraf argumentatif siswa dengan menggunakan sistem transitivitas. Data dikumpulkan secara kualitatif dengan instrumen dokumen ceklis. Temuan menunjukkan berdasarkan kualitas struktur 8 paragraf memenuhi kualitas relevancy, 10 paragraf memenuhi kualitas acceptability, dan 2 paragraf memenuhi kualitas adequary. Dan berdasarkan proses transitivity system, secara keseluruhan peneliti menemukan 80 proses material, 16 proses mental, 12 proses relational, 10 proses eksistensial, dua proses verbal dan 1 proses behavioral. Sehingga dapat disimpulkan kualitas menulis paragraf argumentatif siswa masih tergolong rendah karena sebanyak dua belas siswa tidak memenuhi semua struktur utama paragraf argumentatif. Dan delapan siswa yang memiliki kualitas relevansi memiliki proses material yang dominan. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas mereka dalam menulis paragraf argumen tidak hanya baik berdasarkan struktur tetapi juga berdasarkan sistem transitivitas dalam mengkonstruksi suatu peristiwa melalui pengalaman, siswa mampu mengungkapkan masalah yang terjadi ke dalam teks argumen.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023