Rendahnya aktivitas belajar siswa dengan mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Jeruklegi, menunjukan sikap kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, siswa cenderung pasif selama proses pembelajaran berlangsung dan pada saat penyampaian pembelajaran berlangsung saat menyampikan materi pembelajaran guru lebih menerapkan cara konvensional atau dengan metode ceramah, sedangkan siswa lebih banyak mendengar sehingga suasana belajar dikelas menjadi kaku dan kurang menarik. Objek penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 2 dengan jumlah 32 siswa. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan siswa pada pelajaran geografi kelas XI. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif yaitu berupa PTK metode tersebut digunakan untuk mengatasi permasalahan yang ada di kelas. Pada penelitian ini menggunakan 2 siklus yaitu hasil aktivitas siswa pada siklus 1 adalah 5,56% dan siklus 2 adalah 29,16% yang dimana mengalami peningkatan 23,6%. Berdasarkan analisi data penelitian maka penggunaan metode Problem Solving dikatakan berhasil untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Jeruklegi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023