Education Curiosity
Vol 1 No 2 (2023): Maret-Juni 2023

Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan LKS Sebagai Alat Bantu Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Di Kelas VIII SMP

Putri, Ayu Tania (Unknown)
Sesmiyanti (Unknown)
Asty, Herfyna (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang penggunaan LKS sebagai alat bantu dalam pembelajaran bahasa Inggris LKS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan metode campuran (kualitatif dan kuantitatif). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 24 Padang. Prosedur pengumpulan data adalah kuesioner dan wawancara, kemudian peneliti menganalisis data dengan mengadopsi pola Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman. Ada tiga langkah yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah itu, peneliti melakukan tabulasi terhadap kuesioner yang diperoleh dalam bentuk analisis deskriptif. sample yang digunakan dalam penelitian adalah cluster random sampling . Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa kesulitan bagi siswa dalam menangkap makna dari proses pembelajaran bahasa Inggris. Hasil data angket dengan 44 responden dan wawancara dengan 4 siswa menunjukkan bahwa siswa setuju bahwa LKS adalah alat dalam pembelajaran bahasa Inggris yang dapat membantu siswa berhasil dalam proses pembelajaran dengan mengasah kemampuannya. Hasil survei angket dan wawancara tentang penggunaan lembar kerja siswa untuk belajar bahasa Inggris di SMP Negeri 24 Padang menunjukkan kategori positif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educurio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Other

Description

Jurnal EduCurio meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan pembelajaran, Filsafat pendidikan dan pembelajaran, Teknologi pendidikan dan pembelajaran, Psikologi Pendidikan, Media pendidikan dan pembelajaran, Evaluasi pendidikan, Manajemen Pendidikan, Inovasi pendidikan dan pembelajaran, Pendidikan ...