Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan Sampel dalam penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik total sampling, yaitu seluruh mahasiswa Pendidikan matematika, FKIP Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Instrumen yang digunakan adalah angket perhatian orang tua yang telah memenuhi kriteria valid dan reliabel dan IPK mahasiswa calon guru. Analisis data yang dilakukan terdiri dari uji prasyarat analisis, dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai sig. 0,456 > sig. 0,05 maka H0 diterima, jadi perhatian orang tua tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika mahasiswa calon guru (2) nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,018, yang berarti bahwa perhatian orang tua hanya mempengaruhi prestasi belajar sebesar 1,8%. Sehingga 98.2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Selain itu diketahui model persamaan regresinya adalah Y = 3,934 + (-0,005) X. Oleh karena itu, penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa variabel perhatian orang tua tidak berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa calon guru, sehingga masih banyak faktor lain yang memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika.
Copyrights © 2023