Penelitian Pengembangan Modul Matematika Materi Perkalian dan Pembagian Bilangan Desimal Kelas IV ini dilatarbelakangi oleh rendahnya rata – rata siswa dalam menjawab pretest yaitu 11,1. Karakteristik siswa yang berbeda – beda mempengaruhi cara siswa dalam memahami konsep matematika. Penggunaan buku ajar siswa saja tidak cukup sebagai sumber belajar. Dibutuhkan modul pembelajaran yang disusun sesuai karakteristik siswa dan dapat digunakan siswa secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk; 1) Mendiskripsikan proses penyusunan modul, 2) Mendeskripsikan kevalidan modul 3) Mendeskripsikan respon siswa terhadap pengembangan modul. Kevalidan modul didasarkan dari hasil 1 uji ahli media dan 2 uji ahli materi. Hasil uii ahli media didapatkan presentase sebesar 96% termasuk pada kriteria sangat valid. Hasil uji materi 1 memperoleh presentase spek materi modul yaitu 80%. Presentase aspek pembelajaran yaitu 93% dan presentase aspek bahasa yaitu 95 %. Hasil validasi ahli materi 1 keseluruhan sebesar 89% termasuk pada kriteria sangat valid. Sedangkan hasil ahli materi 2 didapatkan presentase aspek materi modul yaitu 70%. Presentase aspek pembelajaran yaitu 86% dan presentase aspek bahasa yaitu 95%. Hasil validasi ahli materi 2 keseluruhan sebesar 83% termasuk pada kriteria valid. Pada uji lapangan dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 2 Baruharjo dengan jumlah siswa sebayak 10 siswa, hasil angket respon siswa terhadap produk pengembangn modul pembelajaran didapatkan rata – rata presentase sebesar 91%. Angka rata – rata tersebut termasuk dalam kategori sangat valid. Dalam hal ini siswa tertarik menggunakan produk modul pembelajaran dan dapat menambah pengetahuan matematika khususnya materi perkalian dan pembagian bilangan desimal.
Copyrights © 2023