Penelitian ini menganalisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal pengujian hipotesis pada mata kuliah dasar-dasar statistik di program studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Cokroaminoto Palopo. Studi ini menggunakan metode deskriptif-analitis dengan pendekatan studi kasus. Sampel terdiri dari 40 orang mahasiswa yang telah menyelesaikan mata kuliah tersebut pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan lembar observasi untuk mencatat jenis kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan yang signifikan dalam merumuskan hipotesis nol, hipotesis alternatif, memilih level signifikansi, mengaplikasikan teknik statistik, dan menginterpretasikan hasil analisis. Kesalahan yang paling umum adalah merumuskan hipotesis nol dan hipotesis alternatif. Faktor-faktor yang memengaruhi kesalahan meliputi pemahaman konsep pengujian hipotesis yang kurang, kurangnya latihan dalam penerapan teknik statistik, dan kesulitan menghubungkan teori dengan praktik dalam agribisnis. Penelitian ini memberikan implikasi penting untuk perbaikan pembelajaran dan strategi pengajaran dengan penekanan pada konsep-konsep yang menyebabkan kesalahan. Bimbingan dan tutoring juga dapat membantu mahasiswa dalam mengatasi kesalahan.
Copyrights © 2023