Pendidikan memainkan peran krusial dalam membentuk generasi unggul dan karakter bangsa. Di Indonesia, pramuka adalah kegiatan ekstrakurikuler wajib yang mendukung pengembangan karakter siswa, termasuk disiplin. SMPN 1 Mojowarno menggunakan kegiatan pramuka untuk mengatasi berbagai karakter siswa dan meningkatkan disiplin siswa. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Mojowarno, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. SMPN 1 Mojowarno menunjukkan komitmennya dalam membangun karakter disiplin siswa melalui program ekstrakurikuler Pramuka yang terstruktur dan sistematis, dengan menerapkan prinsip POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling). Para siswa di SMPN 1 Mojowarno menunjukkan peningkatan karakter disiplin yang signifikan, terlihat dari ketaatan, ketertiban, tanggung jawab, kerja keras, kemandirian, kejujuran, dan kesopanan mereka. Program ekstrakurikuler Pramuka yang terstruktur dan efektif terbukti mampu menanamkan nilai-nilai disiplin dan meningkatkan karakter positif pada para siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa manajemen ekstrakurikuler Pramuka di SMPN 1 Mojowarno berperan penting dalam meningkatkan karakter disiplin siswa.Temuan ini menjadi landasan penting bagi sekolah-sekolah lain untuk mengoptimalkan program ekstrakurikuler Pramuka dalam upaya membangun generasi muda yang disiplin dan berkarakter mulia.
Copyrights © 2024