Education Curiosity
Vol 2 No 3 (2024): April-Juli 2024

Strategi Hubungan Masyarakat Dalam Menjaga Reputasi Madrasah Di MTs La Raiba Hanifida Jombang

Musyaddad, Mohammad Anwar (Unknown)
Aziz, Dr Abdullah Aminudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2024

Abstract

Reputasi yang baik adalah sasaran yang ingin dicapai oleh suatu lembaga dan mencerminkan pandangan atau penilaian masyarakat terhadap lembaga tersebut. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan pada humas di MTs La Raiba Hanifida Jombang, ditemukan ketidakstabilan dalam jumlah penerimaan siswa setiap tahunnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan secara manusiawi untuk menjaga dan meningkatkan reputasi positif sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Penelitian ini di lakukan di MTs La Raiba Hanifida yang terletak di desa Bandung Kencur ,Kecamatan Diwek ,Kabupaten Joambang 61471. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan humas dalam menjaga reputasi antara lain: 1) Strategi kerjasama. Dalam pelaksanaannya strategi ini dilakukan dengan menjalin kerjasama antara 2 pihak; pihak internal dan pihak eksternal. 2) Strategi promotif. Dalam hal ini reputasi madrasah dikenal baik oleh lingkup masyarakat sekitar maupun dari organisasi yang menjalin kerjasama dengan madrasah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

educurio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Other

Description

Jurnal EduCurio meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan pembelajaran, Filsafat pendidikan dan pembelajaran, Teknologi pendidikan dan pembelajaran, Psikologi Pendidikan, Media pendidikan dan pembelajaran, Evaluasi pendidikan, Manajemen Pendidikan, Inovasi pendidikan dan pembelajaran, Pendidikan ...