Penelitian ini bertujuan menemukan nilai pendidikan karakter berdasarkan Kurikulum Merdeka dengan Dimensi Beriman,Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, untuk mengetahui apakah buku teks “Bahasa Inggris” terbitan 2016 masih relevan digunakan didalam kurikulum merdeka. Penelitian ini di desain sebagai penelitian Deskriptif Kualitatif yang menggunakan buku teks berjudul “Bahasa Ingris” sebagai sumber data. Peneliti menggunakan document checklist sebagai instrumen untuk mengumpulkan data, guna menjawab pertanyaan penelitian. Berdasarkan hasil analisis data konten yang terdapat didalam buku teks berjudul “Bahasa Inggris” terbitan 2016 tidak memenuhi semua indicator dalam pendidikan karakter berdasarkan kurikulum merdeka dengan dimensi beriman, bertaqwa serta berahlak mulia. Terdapat lima unsur kepada Tuhan yang Maha Esa yakni Akhlak beragama, diri sendiri, manusia, alam serta benegara. Hasil aalisis menunjukkan bahwa elemen akhlak beragama terdapat pada subelemen melaksanakan ritual ibadah, namun tidak terdapat pada sub unsur mengenal dan mencintai Tuhan Yang Maha Esa dan pemahaman agama/kepercayaan. Elemen akhlak pribadi terdapat pada subelemen integritas, tetapi tidak terdapat pada subelemen merawat diri baik jasmani, rohani, dan rohani.pada elemen akhlak terhadap manusia terdapat pada seluruh subelemen beserta indikatornya. Pada elemen akhlak terhadap alam terdapat pada seluruh sub elemen namun tidak memenuhi seluruh indikator. Pada Elemen akhlak beragama ditemukan pada subelemen menjalankan kewajiban sebagai warga negara Indonesia tidak terdapat pada hak sebagai warga negara Indonesia. Dari hasil ini, disimpulkan bahwa buku teks berjudul “Bahasa Inggris” terbitan 2016 tidak memenuhi standar pendidikan karakter dalam kurikulum merdeka.
Copyrights © 2024