Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat baca siswa kelas III di SDN Mawar 7 Banjarmasin dengan memanfaatkan pojok baca. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriftif. Penelitian dilakukan di SDN Mawar 7 Banjarmasin, sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III dan guru kelas dikarenakan guru kelas lebih mengetahui tingkat kemampuan membaca siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan pojok baca di kelas III SDN Mawar 7 adalah sebagai bahan referensi dan diskusi pada saat kegiatan pembelajaran dan pemanfaatan pojok baca sebagai bahan untuk mengisi waktu kosong atau waktu luang siswa. Kendala yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan minat baca siswa dalam pemanfaatan pojok baca di kelas, yaitu minimnya koleksi buku yang tersedia di pojok baca sehingga siswa merasa bosan dan malas untuk membaca dan kurangnya inisiatif siswa dalam memanfaatkan waktunya untuk membaca buku tanpa harus diberikan perintah terlebih dahulu.
Copyrights © 2025