Loyalitas pasien di RSIA Sitti Khadijah 1 memiliki kecenderungan untuk terus menggunakan layanan kesehatan tersebut secara berulang dan merekomendasikan kepada orang lain. Berdasarkan data kunjungan instalasi rawat inap di RSIA Sitti Khadijah 1 dari tiga tahun terakhir mengalami peningkatan hal tersebut menjadi dasar dalam melihat loyalitas pasien rawat inap di rumah sakit tersebut bagus, dengan demikian peneliti tertarik meneliti penelitian ini. Berhubung dengan tingginya persaingan antar rumah sakit ibu dan anak di kota Makassar saat ini, dimana letak RSIA Sitti Khadijah 1 yang strategis membuat rumah sakit ini dikelilingi dengan persaingan antar rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kepercayaan terhadap loyalitas pasien rawat inap di RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan populasi sebanyak 143 pasien rawat inap di RSIA Sitti Khadijah 1 dan sampel berjumlah 208 responden. Analisis yang digunakan adalah chi-square yakni terdapat pengaruh citra merek terhadap loyalitas pasien dengan nilai p=0,001 (p<0,005) dan terdapat pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas pasien dengan nilai p=0,000 (p<0,005). Berdasarkan uji regresi linear berganda terdapat pengaruh citra merek dan kepercayaan terhadap loyalitas pasien dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hasil penelitian : penelitian ini menunjukan bahwa semakin tinggi citra merek yang dimiliki oleh rumah sakit maka loyalitas pasien juga akan semakin meningkat. Sebaliknya, pihak RSIA Sitti Khadijah 1 melakukan survei kepuasan pasien secara rutin untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pelayanan dan area yang perlu diperbaiki.
Copyrights © 2025