Pendidikan merupakan upaya sadar dan terencana untuk menciptakan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual dan agama, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara (Ismail et al., 2021). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah ATQIA Bondowoso dan bagaimana fasilitas tersebut mendukung proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan yang sistematis, inventarisasi berkala, dan pemeliharaan rutin berperan penting dalam menjaga ketersediaan dan efektivitas fasilitas pendidikan. Proses penghapusan barang yang tidak layak pakai juga dilakukan dengan prosedur yang ketat, memastikan efisiensi anggaran dan pemanfaatan sumber daya yang optimal. Kesimpulannya, manajemen sarana dan prasarana yang baik mendukung peningkatan kualitas pendidikan di madrasah.
Copyrights © 2024