Kalam Al Gazali: Education and Islamic Studies Journal
Vol 1 No 2 (2024): Education and Islamic Studies Journal (Februari-September)

Implementasi Pembelajaran Berbasis Metode Quantum Teaching pada Mapel Akidah Akhlak di MTsN 2 Pekalongan

Lulu Azizah (Unknown)
Nadia Faradhillah (Unknown)
Riki Nasrullah (Unknown)
Arditya Prayogi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2024

Abstract

Penerapan suatu metode pembelajaran yang tepat, dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran dengan lebih baik lagi. Dengan demikian, artikel ini bertujuan untuk memberikan deskripsi bagaimana metode quantum teaching diimplementasikan dalam pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak pada kelas VII di MTsN 2 Pekalongan beserta faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam implementasinya. Artikel ini disusun dengan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil telaah didapatkan gambaran bahwasanya metode quantum teaching diimplementasikan dalam tiga tahapan yaitu  perencanaan, peaksanaan, dan evaluasi. Ketiga tahapan ini dilakukan oleh guru berdasar kerangka dasar quantum teaching yaitu TANDUR yang berarti tumbuhkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi, dan rayakan. Dalam implementasikan hal yang menjadi faktor pendukung antara lain kemampuan guru, tersedianya sarana dan prasarana, serta adanya keaktifan peserta didik. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya antara lain keterbatasan kompetensi guru, keterbatasan waktu, serta lingkungan belajar yang tidak mendukung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-kalam

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

This journal welcomes the contributions of scholars from related fields warmly that consider the following general topics (Journal Scope): Quranic exegesis, living sunnah, Islamic law, Islamic philosophy, Islamic mysticism, theology, education, and scientific ...