Salah satu sikap yang terus digaungkan dalam kurikulum merdeka ini adalah profil pelajar pancasila. Profil pelajar pancasila merupakan nilai karakter dan kompetensi yang harus dibangun dan dipupuk dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Kompetensi tersebut adalah bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bergotong royong, mandiri, berpikir kritis, dan kreatif, berkebhinekaan tunggal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengembangan karakter siswa dalam implementasi nilai-nilai pancasila pada kurikulum merdeka melalui kegiatan P5. Metode dari penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kuantitatif, bertujuan untuk mendeskripsikan dan merumuskan ke dalam angka-angka terkait dengan perilaku peserta didik dalam P5 yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X yang sedang melakukan projek P5. Hasil persentase penelitian nilai bertaqwa kepada Tuhan YME 87,7%; berkebhinekaan global 84,2%; mandiri 84,2%; gotong royong 81,5%; kritis 47,35%; dan kreatif 57,9%. Implementasi profil pelajar pancasila yang terintegrasi pada kurikulum merdeka merupakan kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik. Pendidikan karakter yang senantiasa ditanamkan dalam diri peserta didik harus dimulai dan dipupuk dalam lingkungan sekolah.Kata Kunci : Profil Pelajar Pancasila, Karakter Siswa
Copyrights © 2023