Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP)
Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP)

Implementasi Nilai-Nilai “Ka Kari Opung Anang” Dalam Pendidikan Karakter di MIN Dulolong Kabupaten Alor-Nusa Tenggara Timur

Muhammad Abdullah (STKIP Muhammadiyah Kalabahi)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Implementasi Nilai – Nilai “Ka Kari Opung Anang” Dalam Pendidikan Karakter di MIN Dulolong Kabupaten Alor: 1). Untuk mengetahui Implementasi nilai- nilai ka kari opung anang dalam pendidikan karakter; 2). Untuk mengetahui bentuk Kegiatan Sekolah yang mencerminkan Implementasi nilai Ka kariopung anang; 3). Untuk mengetahui penanggunjawab dalam Implementasi nilai ka kari opung anang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data dengan obserasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang peneliti gunakan dalam penulisan tesis ini adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif yaitu display, reduksi, kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Implementasi nilai Ka kari opung anang dengan pendidikan keteladanan, pendidikan dengan kegiatan spontan, pendidikan dengan teguran, pendidikan dengan pengkondisian lingkungan, pendidikan dengan kegiatan rutin bahkan harus dengan pembiasaan, penugasan, evaluasi dan lain - lain.; 2). Bentuk Kegiatan Sekolah yang mencerminkan Implementasi nilai ka kari opung anang dilakukan dengan kegiatan bimbingan, pembiasaan, pengajaran dan latihan, serta keteladanan dari guru, orang tua, maupun masyarakat. 3). Penanggunjawab dalam Implementasi nilai ka kariopung anang bukan hanya tertumpuk pada guru ataupun kepala sekolah tetapi pada orang tua atau keluarga, masyarakat dan tokoh-tokoh masyarakat, pemerintah.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jipend

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan adalah jurnal akses terbuka yang direview secara double-blind. Jurnal ini menyediakan publikasi artikel pada semua bidang pendidikan (Multidisiplin) Ilmu Pendidikan. Tujuannya adalah menyediakan platform bagi para peneliti, akademisi, dan praktisi untuk berbagi, ...