Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP)
Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP)

EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING MELALUI PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE FORM DALAM PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) TAHUN PELAJARAN 2020/2021 PESERTA DIDIK MTs AL-QADR BETUN

Suriyanti, Suriyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas penggunaan Google Form pada Penilaian Akhir Tahun (PAT) tahun pelajaran 2020/2021 berbasis online di MTs AL-Qadr Betun. Siswa diminta untuk memberikan tanggapan berupa jawab quiz secara online menggunakan smartphone atau laptop yang dimiliki oleh siswa yang terkoneksi internet. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan tingkat efektifitas penggunaan aplikasi Google Form dalam pelaksanaan PAT Berbasis Online di MTS Al-Qadr Betun. Pengumpulan data dilakukan melalui aplikasi Google Form dengan 15 responden dari beberapa kelas, menggunakan skala likert dengan limaskala. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik menyukai penggunaan Google Form dengan rata-rata skor sebesar 70,26 dengan kategori sangat tinggi sebesar 66,7% dan kategori sedang sebesar dan20%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Google Form sangat efektif digunakan dalam pelaksanaan PAT Tahun Pelajaran 2020/2021 di MTs Al-Qadr Betun Malaka.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipend

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan adalah jurnal akses terbuka yang direview secara double-blind. Jurnal ini menyediakan publikasi artikel pada semua bidang pendidikan (Multidisiplin) Ilmu Pendidikan. Tujuannya adalah menyediakan platform bagi para peneliti, akademisi, dan praktisi untuk berbagi, ...