Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP)
Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP)

KINERJA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKANPARTISIPASIKERJA GURU DI MI PEMIMPIN RUMAH QUR’AN HIDAYATULLAH KELAPA LIMA KOTA KUPANG

Hijrat, Kasim (Unknown)
Bahrudin, Azlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Bagaimana Kinerja Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Partisipasi Kerja Guru di MI Pemimpin Rumah Qur’an Hidayatullah Kelapa Lima Kota Kupang. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Kinerja Kepala Madrasah dalam meningkatkan partisipasi kerja guru secara keseluruhan ternyata cukup baik. Kepala Madrasah sudah mampu mengendalikan diri menghadapi masalah, memberikan motivasi untuk meningkatkan kinerja pada Madrasah yang dimpin, menerapkan ketulusan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai pemimpin, melaksanakan hubungan kerjasama dengan lembaga swasta, pemerintah, dan masyarakat, (contoh: Lembaga Depag kota kupang, kanwil NTT, dan BMH perwakilan NTT), Kepala Madrasah juga berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan Madrasah, mengatasi konflik internal Madrasah, sudah menyusun program Madrasah namun belum terlaksanakan dengan baik, kurang menganalisis pekerjaan dan kebutuhan tenaga pendidik, belum menyusun program supervisi, belum melaksanakan supervisi, belum melaksanakan tindak lanjut supervisi, memanfaatkan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran dan manajemen Madrasah, inovasi pengembangan Madrasah yang telah Kepala Madrasah lakukan untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipend

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan adalah jurnal akses terbuka yang direview secara double-blind. Jurnal ini menyediakan publikasi artikel pada semua bidang pendidikan (Multidisiplin) Ilmu Pendidikan. Tujuannya adalah menyediakan platform bagi para peneliti, akademisi, dan praktisi untuk berbagi, ...