JOEL: Journal of Educational and Language Research
Vol. 2 No. 4: November 2022

FILSAFAT ILMU DALAM PENDIDIKAN PANCASILA DI SEKOLAH

M. Mansur (Magister Teknologi Pendidikan Universitas Lampung)
sudjarwo Sudjarwo (Magister Teknologi Pendidikan Universitas Lampung)
Muhammad Nurwahidin (Magister Teknologi Pendidikan Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Pengetahuan menjadi suatu karakteristik sekaligus menjadi pembeda seorang dibandingkan makhluk lainnya. Berbagai problematika banyak menghinggapi para pelajar termasuk turunnya jiwa nasionalisme dan patriotisme mereka. Banyak faktor penyebab hal tersebut seperti maraknya budaya luar yang berpengaruh terhadap kebiasaan serta cara pandang negatif para pelajar. Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui filsafat ilmu dalam pendidikan pancasila di sekolah melalui teknik SLR (Systematic Literature Review). Bahan khas Jambi teratur diperoleh melalui database dari situs Google Scholar dalam jurnal Indonesia di tahun 2011-2022. Pendidikan Pancasila memiliki pengaruh signifikan terutama terkait pendidikan karakter pelajar dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Pendidikan Pancasila masih harus terus diimplementasikan di setiap jenjang pendidikan agar setiap pelajar dapat memiliki pemahaman terkait dasar negara dan memiliki budi pekerti integrasi bangsa. Melalui pendidikan Pancasila tersebut pelajar juga bisa memahami kandungan dan nilai-nilai Pancasila sekaligus budaya bangsa Indonesia yang dapat diterapkan di kehidupan keseharian sehingga nantinya ia akan mempunyai karakter dan nilai luhur bangsa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JOEL

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JOEL: Journal of Educational and Language Research published by Bajang Institute, was established in twelve times a year and with printed version of ISSN: 2807-937X and the online version of ISSN: 2807-8721. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with ...