Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain One Group Pretest Posttest di kelas X1 SMA Negeri 2 Dolok Sanggul dengan jumlah siswa sebanyak 27 tahun pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi menggunakan Wordwall dalam kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 2 tahun pembelajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian hipotesis yang didapatkan thitung > ttabel yaitu 17.52 > 1,708. Jadi, hipotesis yaitu Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam pengunaan media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi menggunakan Wordwall oleh siswa kelas X SMA Negeri 2 Matiti Tahun Pembelajaran 2023/2024. Hasil penelitian ini menegaskan dampak positif dari media pembelajaran interaktif berbasis permainan edukatif terhadap kemampuan menulis siswa, sejalan dengan literatur yang lebih luas yang menganjurkan integrasi metode pengajaran yang inovatif dalam dunia pendidikan. Bukti menunjukkan bahwa game edukasi dapat secara signifikan meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan hasil belajar siswa, sehingga perlu dieksplorasi lebih lanjut dan diimplementasikan dalam pendidikan.
Copyrights © 2024