Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya kegiatan budaya literasi yang diterapkan oleh sekolah serta rendahnya hasil belajar khususnya pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan Sosial siswa di SMP Negeri 1 Leuwiliang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya literasi sekolah terhadap hasil belajar Ilmu pengetahuan Sosial siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Leuwiliang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif. Metode kuantitatif digunakan untuk menguji pengaruh variabel X terhadap variabel Y pada siswa di SMP Negeri 1 Leuwiliang. Data tersebut dianalisis dengan mengguunakan rumus analisis deskriptif korelasional dan regresi linear sederhana, dan diperoleh hasil nilai thitung lebih kecil dari ttabel yakni 1,1969 < 1,9965 yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh antara budaya literasi sekolah terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Leuwiliang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019