Journal of Education Administration Leadership and Organization
Vol. 1 No. 1 (2019): JEALO

PENGARUH BUDAYA LITERASI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 LEWILIANG

Tia Fajartriani (STKIP Muhammadiyah Bogor)
Fitria Febriyanti (STKIP Muhammadiyah Bogor)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya kegiatan budaya literasi yang diterapkan oleh sekolah serta rendahnya hasil belajar khususnya pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan Sosial siswa di SMP Negeri 1 Leuwiliang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya literasi sekolah terhadap hasil belajar Ilmu pengetahuan Sosial siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Leuwiliang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif. Metode kuantitatif digunakan untuk menguji pengaruh variabel X terhadap variabel Y pada siswa di SMP Negeri 1 Leuwiliang. Data tersebut dianalisis dengan mengguunakan rumus analisis deskriptif korelasional dan regresi linear sederhana, dan diperoleh hasil nilai thitung lebih kecil dari ttabel yakni 1,1969 < 1,9965 yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh antara budaya literasi sekolah terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Leuwiliang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JEALO

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

JEALO (P ISSN: 2302-2825) adalah Jurnal Publikasi Elektronik Program Studi Administrasi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bogor Raya. JEALO Merupakan Jurnal Pendidikan yang mencakup kajian-kajian bidang Administrasi Pendidikan, yang meliputi: Manajemen dan Organisasi Pendidikan, Kepemimpinan ...