Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bgaimana peran kepemimpinan transformasional kepala sekolah yang dilakukan di SMK Insan Madani dalam membangun budaya mutu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah,guru, , dan beberapa peserta didik di SMK Insan Madani Sukajaya. Analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi dengan teknik yaitu hasil penelitian yang diperoleh dari wawancara lalu dicek dengan observasi dan kajian dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala SMK Insan Madani Sukajaya memiliki upaya yang dilakukan dalam mengembangkan budaya yang bermutu di SMK Insan Madani Sukajaya dengan menanamkan nilai-nilai dan misi madrasah sebagai pedoman, melakukan komunikasi yang baik dengan seluruh warga madrasah baik dengan guru, siswa maupun karyawan, melakukan pengambilan keputusan dengan mufakat bersama sehingga semua kebijakan yang diberikan dapat diterima semua pihak dan dapat terlaksana tanpa adanya keterpaksaan dari salah satu pihak, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di SMK Insan Madani Sukajaya, melakukan perencanaan kurikulum sesuai dengan kurikulum pembelajaran di SMK Insan Madani Sukajaya, melakukan pembiasaan kedisiplinan dan juga menjalin hubunganyang baik dengan masyarakat. Serta Peningkatan budaya mutu yang dilakukan kepala sekolah di SMK Insan Madani Sukajaya telah mampu dilaksanakan dilihat dari terpenuhinya 3 elemen yaitu usaha perbaikan, kewenangan, dan penguatan kinerja.
Copyrights © 2019