Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru. Supervisi Akademik adalah serangkaian kegiatan dalam membantu guru untuk mengembangkan kemampuan dalam mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan dari pembelajaran. Selanjutnya profesionalisme yaitu pandangan suatu keahlian tertentu yang diperlukan dalam pekerjaan tertentu dan keahlian itu hanya di peroleh melalui pendidikan khusus. Penelitian ini dilakukan di SMK Mandala Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Sampel yang diambil penelitian ini sebanyak 40 orang guru. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpulan data adalah angket kuesioner dan wawancara Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Profesionalisme Guru berdasarkan hasil pengujian rxy hitung sebesar 0,6 dan rxy tabel pada N= 20 dan taraf signifikasi 5% di peroleh 0,3120. Kemudian dilanjutkan dengan mengukur besar kecilnya sumbangan variabel X dan Y yang ditentukan dengan rumus Koefisien Determinan dengan hasil 36%. Jadi, Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Profesionalisme Guru di SMK Mandala 36%. Selanjutnya menguji keberatian dengan uji t hitung. Berdasarkan hasil pengujiannya, nilai t hitung sebesar 3,18 dan t tabel dengan derajat kebebasan (dk) = N-2 dan signifikan ? = 0,05 sebesar 0,3120. Hal ini, dapat disimpulkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel (3,18?0,3120). Hasil pengujian terhadap koefisien korelasi yang diperoleh dari hasil perhitungan pearson product moment adalah 0,6 signifikan. Dengan demikian Ho ditolak sedangkan Ha diterima yang berarti adanya Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru di SMK Mandala.
Copyrights © 2021