Journal of Education Administration Leadership and Organization
Vol. 4 No. 2 (2022): JEALO

PENGARUH PROGRAM PEMBINAAN KESISWAAN BOARDING SCHOOL TERHADAP PENGUATAN JIWA KEPEMIMPINAN SISWA DI SMP MIFTAHUNNUR KECAMATAN LEUWISADENG

Muh Takdir (STKIP Muhammadiyah Bogor)
Agi Juandi (STKIP Muhammadiyah Bogor)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program pembinaan kesiswaan boarding school terhadap penguatan jiwa kepemimpinan siswa di SMP Miftahunnur. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode korelasi/survey yang mengunakan analisis korelasi / product moment pearsons dan analisis regresi linear sederhana untuk menguji pengaruh program pembinaan kesiswaan boarding school terhadap penguatan jiwa kepemimpinan siswa di SMP Miftahunnur, sampel yang diambil dengan menggunakan total sampling sehingga sampel pada penelitian ini sebanyak 62 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara penyebaran angket kepada siswa dan melakukan wawancara kepada tenaga pendidik. Berdasarkan hasil analisis uji korelasi menunjukan bahwa program pembinaan kesiswaan boarding school memiliki hubungan kuat/tinggi dan berpengaruh terhadap jiwa kepemimpinan siswa di SMP Miftahunnur dengan perolehan rhitung > rtabel atau 0,736 > 0,246 dengan nilai determinasi sebesar 54,2%. artinya program pembinaan kesiswaan boarding school memberikan pengaruh sebesar 54,2% terhadap penguatan jiwa kepemimpinan siswa. Hasil perhitungan dari pengujian uji thitung diperoleh data thitung = 8,421 > t tabel= 1,670 pada signifikan ? = 5, menunjukan nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel, dari hasil tersebut membuktikan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh program pembinaan kesiswaan boarding school yang signifikan terhadap penguatan jiwa kepemimpinan siswa di SMP Miftahunnur Kecamatan Leuwisadeng.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JEALO

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

JEALO (P ISSN: 2302-2825) adalah Jurnal Publikasi Elektronik Program Studi Administrasi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bogor Raya. JEALO Merupakan Jurnal Pendidikan yang mencakup kajian-kajian bidang Administrasi Pendidikan, yang meliputi: Manajemen dan Organisasi Pendidikan, Kepemimpinan ...