Sejak virus Covid-19 muncul pertama kali di Indonesia pada bulan maret seluruh perusahaan dan masyarakat mengalami dampak yang luar biasa dalam perekonomian. Banyak korporasi ataupun UMKM yang harus gulung tikar karena adanya pemerosotan kinerja dalam bisnisnya. Salah satu UMKM yang terdampak covid-19 yakni retail online Iclothes_Bali. Retail online Iclothes_Bali merupakan usaha online yang menjualkan barang dagangannya melalui platform ecommerce Lazada. UMKM ini bergerak di sektor perdagangan pakaian yang terletak di daerah Batuan Kaler, Sukawati, Gianyar. Progam kerja yang diajukan pada kegiatan ini pertama yaitu peningkatan omzet penjualan dengan cara melakukan analisis konsumen dan pasar, menjaga kualitas produk, dan membuat promo gratis ongkir beserta potongan diskon. Program kerja tersebut disusun berdasarkan apa yang sedang menjadi permasalahan pada usaha mitra. Permasalahan lain yang dihadapi oleh mitra adalah pembukuan yang masih manual menggunakan kertas. Solusi yang diajukan untuk permasalahan tersebut adalah dengan melakukan pembukuan berbasis digital dengan memanfaatkan aplikasi web yaitu spreadsheet. Permasalahan lain yang juga dihadapi oleh mitra adalah pemasaran yang masih kurang luas, untuk permasalahan ini solusi yang diajukan adalah dengan menambah strategi pemasaran yaitu dengan memanfaatkan media sosial berupa Instagram, Facebook dan Tiktok. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah dengan metode pendekatan secara langsung dan diskusi bersama mengenai progam kerja yang diajukan untuk menangani permasalahan pada usaha mitra retail online Iclothes_Bali dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022