Pelatihan merupakan strategi utama dalam pengembangan kompetensi dan kinerja pendidikan dan tenaga kependidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan peningkatan kompetensi dan kinerja pendidikan dan tenaga kependidikan di SMP 06 Diponegoro Wuluhan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, subjek penelitian kami adalah Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari empat komponen analisa data, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pelatihan menjadi salah satu strategi utama yang penting untuk meningkatkan kualitas tenaga kependidikan. Meskipun pelatihan sudah cukup optimal, perlu adanya peningkatan untuk mendorong kreativitas dan komitmen dalam menjalankan tugas. Pengembangan tenaga kependidikan juga menghadapi berbagai tantangan kompleks yang memerlukan pengelolaan yang berkualitas. Di SMP 06 Diponegoro, terdapat upaya sistematis untuk meningkatkan kedisiplinan dan kompetensi melalui evaluasi berkala dan pemberian rewards atau punishment. Selain itu, sertifikasi guru berperan penting dalam memastikan profesionalitas pendidik, dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam aspek administratif, akademis, dan kepribadian. Strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kinerja pendidik mencakup pengembangan kompetensi melalui pelatihan, motivasi dan apresiasi, evaluasi kinerja objektif, pemanfaatan teknologi, dan partisipasi dalam pengambilan keputusan.
Copyrights © 2024