QOUBA : Jurnal Pendidikan
Vol 1 No 1 (2024): 2024

Implementasi Metode Demonstrasi Melalui Pengajaran Infaq Dan Berbagi di SD Muhammadiyah Tanjung Morawa

Silva Amanda Putri (Unknown)
Arlina (Unknown)
Ahyun Widiya Ningsih (Unknown)
Nasution, Khairul Umam (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Penerapan metode demonstrasi sebagai upaya strategis untuk membangun karakter siswa sejak dini, pendidikan dasar memiliki peran penting dalam pembentukan karakter dan perilaku peserta didik, terutama dalam hal meningkatkan kesadaran sosial seperti infaq dan berbagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas metode demonstrasi dalam pengajaran infaq dan berbagi di SD Muhammadiyah Tanjung Morawa. Dengan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep infaq dan berbagi, serta membentuk karakter sosial seperti empati dan kepedulian. Kegiatan seperti apersepsi, diskusi kelompok, pemutaran video, praktik berbagi, dan demonstrasi infaq berhasil melibatkan siswa secara aktif. Kelebihan metode ini adalah memberikan pengalaman langsung yang meningkatkan daya ingat dan keterlibatan siswa. Namun, tantangan seperti keterbatasan fasilitas dan waktu tetap harus diperhatikan. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode demonstrasi efektif dalam menanamkan nilai-nilai sosial dan keagamaan pada siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

quoba

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

QOUBA: Jurnal Pendidikan with e-ISSN 3089-2430 p-ISSN 3089-2449. is a peer-reviewed open access journal and follows a single-blind review policy. Scientific articles in QOUBA: Education Journal are the results of original research, conceptual ideas, and current studies within the scope of Education, ...