QOUBA : Jurnal Pendidikan
Vol 1 No 1 (2024): 2024

Implementasi Pembelajaran Kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Tingkat Madrasah Ibtidaiyah

Sarika Herfi Wardani (Unknown)
Abdul Rahman (Unknown)
M. Zukri Rizal Lubis (Unknown)
Arlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana efektivitas dalam implementasi pembelajaran Kurikulum 2013 (K-13) dengan pendekatan saintifik yang diterapkan dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Metode yang dilakukakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang merupakan pendekatan yang mengizinkan peneliti untuk mengamati pengalaman secara mendetail, dengan menggunakan metode spesifik seperti wawancara mendalam, observasi (pengamatan). Pengumpulan data dilakukan di MIS Ash-Shofa yang dimana peneliti mengimplementasikan pembelajaran Kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak yang meliputi mengamati, menanya, menalar, dan mengkomunikasikan. Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik memberikan dampak positif yang signifikan terhadap proses pembelajaran. Melalui pendekatan yang berpusat pada siswa pembelajaran menjadi lebih aktif dan menyenangkan. Selain itu, hasil analisis juga menunjukkan bahwa siswa merasa lebih memahami materi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

quoba

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

QOUBA: Jurnal Pendidikan with e-ISSN 3089-2430 p-ISSN 3089-2449. is a peer-reviewed open access journal and follows a single-blind review policy. Scientific articles in QOUBA: Education Journal are the results of original research, conceptual ideas, and current studies within the scope of Education, ...