ISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra
Vol. 1 No. 2 (2023): Isolek: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra (September 2023)

Pengaruh Metode Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak

Usman, Usman (Unknown)
Harpina, Harpina (Unknown)
Syamsuardi, Syamsuardi (Unknown)
Amri, Nur Alim (Unknown)
Sadaruddin, Sadaruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran talking stick terhadap kemampuan berbicara anak usia dini di Taman Kanak-Kanak (TK). Desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design, di mana kelas eksperimen dan kelas kontrol dipilih tanpa randomisasi, sehingga berbentuk desain Nonequivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Populasi penelitian melibatkan seluruh anak kelompok B di TK Taman PAUD Doa Ibu, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelompok B1 dengan 24 anak didik dan Kelompok B2 dengan 20 anak didik. Melalui uji hipotesis, penelitian ini menghasilkan temuan yang signifikan dalam pengaruh penerapan metode Talking Stick terhadap kemampuan berbicara anak-anak di TK Taman PAUD Doa Ibu. Hasil analisis statistik menunjukkan perbandingan antara nilai t hitung (40.645) dan nilai t tabel (1.686). Karena t hitung lebih besar daripada t tabel, maka hipotesis H1 diterima yang menyatakan bahwa metode talking stick berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berbicara anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

isolek

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

ISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra menerbitkan manuskrip penelitian dalam Pendidikan, pengajaran, bahasa, sastra, dan linguistik. Jurnal ISOLEK menampilkan kebaruan penelitian dan signifikansi untuk kemajuan ilmiah di salah satu bidang manuskrip yang diterbitkan. Jurnal ini ...