Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery Learning dalam meningkatkan keterampilan menulis berita peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 11 Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan kemampuan menulis dengan penerapan model Discovery Learning. Data yang diperoleh dilaksanakan dalam dua siklus yaitu silus I dan siklus II dengan tahapan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 11 Makassar yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 14 siswa pria dan 14 orang siswa wanita. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi penilaian keterampilan menulis peserta didik, dan hasil kemampuan menulis peserta didik serta dokumentasi hasil kerja peserta didik, sedangkan kriteria keberhasilan yaitu dari segi hasil yang dicapai hasil kelas VIIIB SMP Negeri 11 Makassar dalam penelitian ini adalah nilai rata-rata keterampilan menulis peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II mencapai 75 dari jumlah peserta didik yang mendapatkan nilai >75 (KKM keterampilan menulis). Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan menulis berita peserta didik dengan memperhatikan nilai rata-rata dari aspek penilaian keefektifan dalam memperhatikan penjelasan cukup; kemampuan peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan guru cukup; sikap dalam menerima materi pembelajaran cukup; ketahanan konsentrasi peserta didik cukup; dan hasil penelitian siklus I mencapai 65,6 dan pada siklus II meningkat, mencapai 90,3 dan sudah memenuhi standar kreteria ketuntasan Minimal (KKM) yang ditargetkan oleh peneliti.
Copyrights © 2024