UMKM dompet kulit yang berada di Desa Peusar merupakan salah satu pengrajin kulit yang memiliki potensi di Kabupaten Tangerang. UMKM ini belum menggunakan marketplace sebagai media pemasarannya karena kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola dan menggunakan marketplace. Upaya pemasarannya tidak mampu meningingkatkan penjualan yang siginifikan dikarenakan Media Promosi Kurang Efektif. Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengembangkan marketplace UMKM tersebut serta memberikan pendampingan dalam pengelolaannya secara berkelanjutan. Program ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). Beberapa kegiatan pengembangan dan pendampingan mencakup komunikasi dan koordinasi hingga proses pemecahan masalah, dengan fokus utama pada optimalisasi penggunaan marketplace Tokopedia, Instagram dan TikTok untuk UMKM dompet kulit. Diharapkan melalui pendampingan ini, UMKM dapat meningkatkan wawasan dalam pengelolaan marketplace secara efektif. Dengan adanya program pengembangan dan pendampingan ini, UMKM dapat memperluas pemasaran, menambah jumlah pelanggan, dan meningkatkan penjualan.
Copyrights © 2025