Jurnal Pelita PAUD
Vol 3 No 1 (2018): Jurnal Pelita PAUD

Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Kartu Angka

Ajeng Rahayu Tresna Dewi (Unknown)
Rita Kusumah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kemampuan mengenal lambang bilangan anak dengan menggunakan media kartu angka di kelompok B TK Plus Harapan Bunda Kabupaten Kuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus untuk melihat hasil belajar anak dan aktivitas anak dalam mengikuti pembelajaran mengenal lambang bilangan melalui media kartu angka. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Plus Harapan Bunda dengan jumlah 21 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penerapan pembelajaran mengenal lambang bilangan melalui media kartu angka dikatakan berhasil apabila siswa memenuhi ketuntasan belajar minimal 85% atau berkembang sangat baik. Dari analisis data penelitian menjunjukan ada peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan yaitu pada pra tindakan diperoleh hasil yaitu 10,47 %, pada siklus I diperoleh hasil yaitu 33,33 %, siklus II diperoleh hasil yaitu 66,66 %, dan siklus III diperoleh hasil yaitu 88,57 % atau Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pelitapaud

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Pelita PAUD is a national scientific journal published by the Department of Early Childhood Education, Universitas Muhammadiyah Kuningan which contains the results of research that is raised from theoretical studies and results of research in the field of Early Childhood Education. Journal ...