Penelitian ini bertujuan untuk: menghasilkan media manik-manik hitung yang layak untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak kelompok A dan menguji keefektifan media manik-manik yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan sembilan tahap penelitian hingga pada tahap penyempurnaan produk akhir. Sembilan tahapan ini mengacu pada tahap yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, lembar observasi checklist pada anak, dan angket respon guru dari 12 sekolah. Analisis data menggunakan Uji Normalitas dan Uji Wilcoxon pada data time series. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa media manik-manik hitung memperoleh kriteria “Layak”menurut ahli materi dengan persentase sebesar 75% dan “Sangat Layak”menurut ahli media dengan persentase sebesar 85%. Media manik-manik hitung efektif dan layak digunakan setelah dilakuakan uji coba awal, uji lapangan utama, dan uji lapangan operasional, dimana setiap sekolah dilakakukan empat kali perlakuan dan mengalami peningkatan pada setiap indikatornya.
Copyrights © 2021