Jurnal Pelita PAUD
Vol 9 No 1 (2024): Jurnal Pelita PAUD

Efektifitas Bermain Tanah Liat Plered dalam Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini

Amri, Fadhila Alfiyatul (Unknown)
Muqodas, Idat (Unknown)
Justicia, Risty (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji efektifitas bermain tanah liat dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini. Masih banyak anak yang saat ini keterampilan motorik belum terstimulasi dengan baik dikarenakan minimnya metode pembelajaran yang diberikan guru. Keterampilan motorik halus menjadi suatu stimulasi yang penting untuk anak agar tidak terhambat perkembangan anak yang lainnya. Tanah liat menjadi salahsatu media pembelajaran berbasis natural untuk berkembangan motorik halus anak bisa optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian Pre-eksperimen dengan one-group pretest-posttest test design. Populasi pada penelitian ini berasal dari TK di kota Bekasi dengan jumlah sampel pada penelitian ini sejumlah 32 anak antar usia 5-6 tahun. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi. Teknik analisis data yang di gunakan berupa analisis statistik parametrik. Hasil penelitian yang didapat ditemukan perbedaan antara rata-rata pretest dan postest. Data di dapatkan hasil rata-rata pretes 55,78 dan postes 92,81. Hasil penelitain menunjukkan bahwa bermain tanah liat Plered efektif untuk mengembangkan perkambangan motorik halus anak. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat menjadi acuan untuk program pembelajaran kedepan nya untuk meningkatkan perkembangan motorik halus yang anak miliki.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pelitapaud

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Pelita PAUD is a national scientific journal published by the Department of Early Childhood Education, Universitas Muhammadiyah Kuningan which contains the results of research that is raised from theoretical studies and results of research in the field of Early Childhood Education. Journal ...