Sumang merupakan perpaduan budaya lokal dan ajaran Islam. Masyarakat Gayo menjadikan sumang sebagai aturan tata krama dan sopan santun. Namun dinamika kehidupan masyarakat Gayo mulai mengalami pergeseran yang disebabkan oleh kurangnya kepedulian generasi terhadap budaya leluhur dan kurangnya kepedulian orang tua/guru dalam mengebalkan budaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menanamkan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam budaya Sumang, (2) merancang media animasi interaktif berbasis kearifan lokal budaya Sumang di Gayo, (3) menganalisis perubahan karakter anak usia dini setelah pengenalan budaya Sumang menggunakan media animasi interaktif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan desain model 4D (Define, Design, Develop, Dessemination). Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media animasi interaktif berbasis budaya Sumang mendapat respon yang baik dari guru dan siswa serta menunjukkan adanya peningkatan skor karakter anak usia dini setelah menggunakan media animasi interaktif yaitu skor pretest sebesar 4,12 sedangkan pada posttest sebesar 9,4.
Copyrights © 2024