Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol. 19, No. 1 : Al Qalam (Januari 2025)

Hadis Sebagai Pilar Deradikalisasi di Indonesia: Analisis Kurikulum Pendidikan Islam

Siregar, Hakkul Yakin (Unknown)
Akbar, Fauzan (Unknown)
Harahap, Alwi Padly (Unknown)
Nazmi, Khairin (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2025

Abstract

Radikalisasi di Indonesia telah menjadi ancaman serius terhadap kestabilan sosial dan keamanan nasional. Pendidikan Islam memiliki peran penting dalam membentuk pola pikir dan karakter generasi muda, sehingga pengintegrasian hadis sebagai pilar deradikalisasi dalam kurikulum pendidikan Islam menjadi sangat relevan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran hadis dalam membentuk kurikulum pendidikan Islam yang efektif untuk mencegah dan melawan paham radikalisme. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur dan analisis dokumen kurikulum yang ada di beberapa lembaga pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hadis-hadis yang menekankan moderasi, perdamaian, dan toleransi dapat menjadi landasan dalam membentuk materi ajar yang mampu menangkal paham ekstremisme. Selain itu, implementasi hadis ini dapat diperkuat dengan pelatihan guru yang mendalam tentang pemahaman hadis-hadis terkait deradikalisasi. Saran penelitian ini adalah perlunya penyusunan kurikulum berbasis hadis yang lebih komprehensif serta melibatkan para ulama, akademisi, dan pembuat kebijakan dalam mengembangkan strategi pendidikan yang tepat untuk deradikalisasi di Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...