Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pentingnya peran guru dalam mengatasi dan mencegah terjadinya perundungan di sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu studi literature dengan pendekatan kualitatif deskriptif teknik pengumpulan data yang dilakukan penelitian ini yaitu dengan cara membaca jurnal relavan terakreditas kemudian menganalisis dan menyimpulkan. Temuan penelitian ini menunjukkan: Guru terbukti berperan penting dalam mencegah dan mengatasi perundungan di sekolah dasar, beragam variasi yang guru lakukan yaitu dengan menerapkan pendidikan karakter, kemudian memberikan bimbingan, nasihat, arahan, pemahaman, memberikan contoh perilaku yang baik serta memberikan efek jera kepada pelaku perundungan. Kesimpulan bahwa peran guru sangatlah bervariasi yaitu dengan cara menerapkan pendidikan karakter memberikan nasihat, bimbingan klasikal serta individual arahan melakukan deklarasi anti perundungan kemudian dalam mengatasi perilaku perundungan guru memanggil siswa memberikan arahan memberikan efek jera pada siswa. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya peran guru kelas dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung bagi semua siswa di sekolah dasar.
Copyrights © 2024