el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education
Vol 7, No 1 (2024): el-ibtidaiy

Analisis Pentingnya Peran Guru dalam Mencegah dan Mengatasi Perundungan pada Siswa di Sekolah Dasar

Aldama, Bella (Unknown)
Rohyana, Hadi (Unknown)
Ambrina, Pebrisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis  pentingnya peran guru dalam mengatasi dan mencegah terjadinya perundungan di sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu studi literature dengan pendekatan kualitatif deskriptif teknik pengumpulan data yang dilakukan penelitian ini yaitu dengan cara membaca jurnal relavan terakreditas kemudian menganalisis dan menyimpulkan. Temuan penelitian ini menunjukkan: Guru terbukti berperan penting dalam mencegah dan mengatasi perundungan di sekolah dasar, beragam variasi yang guru lakukan yaitu dengan menerapkan pendidikan karakter, kemudian memberikan bimbingan, nasihat, arahan, pemahaman, memberikan contoh perilaku yang baik serta memberikan efek jera kepada pelaku perundungan. Kesimpulan bahwa peran guru sangatlah bervariasi yaitu dengan cara menerapkan pendidikan karakter memberikan nasihat, bimbingan klasikal serta individual arahan melakukan deklarasi anti perundungan kemudian dalam mengatasi perilaku perundungan guru memanggil siswa memberikan arahan memberikan efek jera pada siswa. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya peran guru kelas dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung bagi semua siswa di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

elibtidaiy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences

Description

el-Ibtidaiy : Journal of Primary Education (e-ISSN 2615-6121/p-ISSN 2620-3251) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yakni pada bulan April dan ...